Pengertian DOM (Document Object Model) pada Javascript

Pengertian DOM (Document Object Model)

 

Pada tingkat paling dasar, situs web terdiri dari dokumen HTML dan CSS. Browser membuat representasi dokumen yang dikenal sebagai Document Object Model (DOM). Dokumen ini memungkinkan Javascript untuk mengakses dan memanipulasi elemen dan style situs web. Model ini dibangun dalam struktur objek dan mendefinisikan:
  • Elemen HTML sebagai objek
  • Properties dan event elemen HTML
  • Method untuk mengakses elemen HTML
Jadi apa itu DOMDOM atau kepanjangan dari Document Object Model adalah keseluruhan objek yang ada di laman web Anda. Object ini berisi segala hal yang kita butukan untuk memanipulasi dokumen yang ada pada HTML. Jika Anda ingin mengakses objek apa pun di halaman web Anda, Anda harus selalu mulai dengan dokumen tersebut. Karena ada banyak properties dan method penting yang bisa Anda gunakan untuk mengakses dan memodifikasi situs web Anda.

Pada model DOM ini, setiap elemen html dipandang sebagai sebuah object. Setiap object bisa terdiri dari object-object lain, sama halnya dengan dokumen html yang terdiri dari elemen root (elemen <html>), elemen root terdiri dari elemen <head> dan elemen <body>, elemen <body> boleh jadi terdiri dari elemen <a>, <h1>, <p>, dst. Elemen-elemen pada dokumen html membentuk sebuah object document yang merupakan object dari dokumen html itu sendiri. 



ketika sebuah web diload oleh browser maka akan membentuk DOM atau Document Object Model. Perkembangan selanjutnya adalah HTML DOM dimana HTML DOM ini adalah start object dan programming interface untuk HTML yang dapat diakses melalui Javascript.

Baca juga : Pemahaman dasar tentang Javascript

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian DOM (Document Object Model) pada Javascript"

Posting Komentar

TerimaKasih telah berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel